Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri sangatlah banyak kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik wisatawan dari luar daerah yang perlu di pertahankan kelestariannya.

Dalam meningkatkan minat pemuda dalam mengembangkan potensi lokal, Program studi Administrasi Publik Umsida menggelar seminar regional yang bertajuk “Menciptakan Pemuda Kreatif dalam Mengembangkan Kearifan Lokal Kabupaten Sidoarjo.” Kegiatan tersebut turut mengundang beberapa pembicara , yakni Dispora Kabupaten Sidoarjo Yuliawati,S.IP,MT dan Miss Tourism Queen International Indonesia 2018 Revindia Carina ,S.Ikom. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 230 mahasiswa Umsida dan peserta umum dari luar Sidoarjo, dan Kepala Program Studi Administrasi Publik Lailul Mursyida,S.AP.,M.AP serta dosen Administrasi Publik Umsida.

Yuliawati,S.IP,MT menerangkan bahwa peran pemuda sangatlah penting guna terwujudnya Indonesia emas di tahun 2045. pemuda sangat di perlukan di setiap era untuk membawa perubahan,dalam dunia politik pemuda bisa menjadi obyek tarik menarik kepentingan,jumlah pemilih pemula dan pemuda yang besar menjadi target suara politik . Dalam dunia pendidikan formal maupun non formal, disinilah pemuda akan menemukan kreatifitasnya. Pemuda harus mempunyai semangat untuk berkembang.
“Pemuda saat ini banyak yang kehilangan jati diri atau arah 4 tipe pemuda yang ketahui yang pertama pemuda itu tidak pintar tapi peduli, yang kedua pemuda itu pinter tapi tidak peduli,yang ketiga pemuda itu tidak pinter tidak peduli, yang ke empat pemuda itu pinter peduli.” ujar Yuliawati

Miss Tourism Queen International Indonesia 2018 Revindia Carina ,S.Ikom mengungkapkan bahwa sebagai seorang putri pariwisata Indonesia, ia harus bisa menjadi figure wanita Indonesia yang dapat menginspirasi, memotivasi generasi muda untuk berpartisipasi sesuai dengan bidangnya.
“ Saya harus bisa menjadi figure wanita Indonesia yang dapat dan dapat membawa diri dalam situasi dimanapun dan kapanpun berada karena kedepannya industri pariwisata akan menjadi industri favorit, karena tidak akan habis bahkan makin berkembang karena itu peluang besar untuk tema kepariwisataan yang kompeten di bidangya.” ujar Revindia.

Mahasiswa Administrasi Publik Ahmad Didit Waluyo mengungkapkan, dengan adanya seminar ini ia berharap mahasiswa umsida dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi kita ,
“seperti yang kita ketahui bahwa peran pemuda saat ini sangat dibutuhkan dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya khususnya kearifan local di Kabupaten Sidoarjo.” pungkas Didit. (Eva/Rizky)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *