Program studi Administrasi Publik dalam pengembangan kapasitas dan mutu telah melaksanakan berbagai program pendidikan kemahasiswaan, salah satunya melalui kunjungan studi. Kunjungan studi merupakan sarana pendalaman materi secara teoritis dan aplikatif sehingga mahasiswa AP mampu memahami praktik administrasi publik secara menyeluruh dalam penerapan managemen pelayanan publik.

Berkaitan dengan ini sebanyak 63 mahasiswa AP melakukan kunjungan studi yang merupakan bagian dari mata kuliah Managemen Pelayanan Publik dengan tema “Peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam peningkatan Pelayanan Publik” yang dilaksanakan di 2 organisasi sektor publik yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo (DPMPTSP) dan Kecamatan Sukodono.

Kunjungan Studi di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab Sidoarjo dengan program perizinan online nya yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2018 dan kunjungan studi yang kedua di Kecamatan Sukodono dengan program Berkas Mlaku Dewe (BMW) yang dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2018 lalu.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi DPMPTSP Susi Wulandari S.Sos mengatakan,
“Di era globalisasi ini diharapkan Pemerintah dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah dapat memanfaatkan tekhnologi yang sudah berkembang pesat saat ini, semua serba online , data aman mudah dan tentu lebih efektif dan efisien.” kata Susi

Sekretaris Kecamatan Sukodono Drs. Asrori berujar,
“Elektronik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menerbitkan Perbup Sidoarjo Nomer 56 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengembangan Sistem Aplikasi Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di perlukan adanya sinergitas antara kinerja OPD dan pemanfaat teknologi.”ujar Asrori

Melalui 2 inovasi pelayanan publik ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di Kabupaten Sidoarjo. (Dita/Rizky)

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *