Tepatnya pada hari hari Senin, 18 Mei 2016, mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara Semester 4 kelas pagi dan malam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  bersama dengan seorang dosen pembimbing, yaitu Dra. Arsiyah, M. Si dan 2 orang dosen pendamping, yaitu Ilmi Usrotin C, M.AP dan Lailul Mursyidah, M.AP baru saja melakukan kunjungan ke BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kabupaten Sidoarjo dalam rangka pendalaman materi perkuliahan manajemen pelayanan publik.

Rombongan kunjungan sampai di kantor BPPT pada pukul 08.30 WIB dan disambut baik oleh pegawai kantor BPPT Kabupaten Sidoarjo. Kemudian, rombongan Kami dipersilahkan untuk memasuki ruangan yang telah dipersiapkan oleh Kantor BPPT untuk mendaptkan pemaparan dan Tanya jawab terkait berbagai pelayanan public yang disediakan oleh Kantor BPPT Kabupaten Sidoarjo. Dalam acara pemaparan tersebut Bapak Redi Kusuma selaku sekretaris BPPT Kabupaten Sidoarjo bertugas dalam menyampaikan berbagai pelayanan di Kantor BPPT Kabupaten Sidoarjo yang didampingi Dra. Arsiyah, M.Si sebagai pemimpin dalam kegiatan pemaparan dan diskusi tersebut. Pemaparan yang disampaikan oleh pemateri berjudul “Paparan Benchmarking Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2016.” Beliau memaparkan secara jelas dan detail terkait profil BPPT, tanda tangan elektronik, integrasi SIPPADU-Arsiparis, paket perizinan, touchscreeen profil dan SKM, serta pelayanan prima menggunakan smart card ijin.

Setelah pemaparan yang dilakukan oleh Bapak Redi, maka sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab oleh beberapa mahasiswa yang ingin mengetahui lebih banyak tentang proses perizinan di BPPT Kabupaten Sidoarjo. Sesi penutup diakhiri dengan penyerahan cinderamata yang diwakili oleh ketua kelas program studi Ilmu Administrasi Negara Semester 4 kelas Pagi dan Malam, yaitu M. Yusuf Chabibi dan Emilia Setyawati. Berakhirnya acara tersebut, dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling Kantor BPPT yang didampingi oleh Dra. Arsiyah, M.Si. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami secara langsung terkait berbagai jenis dan bentuk pelayanan yang disediakan oleh Kantor BPPT. Sebelum pulang, rombongan kunjungan menyempatkan untuk berfoto bersama dengan ketiga dosen beserta pegawai Kantor BPPT Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan kunjungan lapangan ini bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman mahasiswa terkait dengan manajemen pelayanan publik khususnya di Kantor BPPT. Sehingga, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara teoretis dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas, tetapi mereka juga dapat memahami dan mencermati kondisi riil di lapangan. (I-AN/Ima)