Madura, 30 April 2016, mahasiswa semester VI pagi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bersama Bapak Didik Hariyanto, M.Si yang merupakan dosen pembimbing kegiatan ini mengadakan kunjungan lintas budaya. Selain itu, dua dosen lainnya yaitu Ibu Ainur Rochmaniah, M.Si dan Ibu Isna Fitria, M. Si sebagai pendamping dalam kegiatan tersebut. Pada kesempatan kenjungan kali ini, Kami menuju ke Kampung Kasur Pasir yang terletak di Dusun Paseser Desa Legung Timur Kecamatan Batang – Batang Kabupaten Sumenep- Madura.

Desa ini dinamakan Kampung kasur pasir karena mayoritas rumah masyarakat disana menggunakan pasir sebagai alas tidur. Masyarakat disana juga mempercayai dengan tidur diatas pasir akan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rheumatic, asam urat, dll. Pasir yang digunakan juga pasir yang diambil dari pantai lombang yang letaknya tak jauh desa tersebut. Budaya tersebut merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang mereka. Selain itu, keunikan dari kebudayaan masyarakat sekitar adalah tradisi laijn yakni, setiap ada pernikahan pengantin pria dan wanita akan diarak mengelilingi desa dengan menaiki kuda.

Masyarakat disana juga sangat menjunjung tinggi nilai sopan santun dalam hubungan bermasyarakat sekitar dan masyarakat yang berasal dari luar daerah tersebut. Mereka sangat antusias dan bersikap ramah kepada setiap orang yang berkunjung ke daerah mereka. Ketika Kami berkunjung, Kami diijinkan untuk menginjakkan kaki di kasur pasir dengan melepas alas kaki. Berbagai karakter budaya kampung pasir Madura merupakan salah satu cerminan keanekaragaman budaya di Indonesia yang menjadi cirri khas sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Sehingga, dengan adanya kunjungan lintas budaya ini dapat menambah pengetahuan, wawasan, serta pengalaman potret keankeragaman budaya yang belum pernah diketahui sebelumnya. [I-Kom/Rahayu]