KURIKULUM PRODI ILMU KOMUNIKASI

Landasan Filosofis

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA adalah bagian dari Universitas Muhammadoyah Sidoarjo yang merupakan  salah satu perguruan tinggi dengan kurikulum yang mampu mewadahi upaya menghasilkan generasi muda dengan  daya pikir dan daya nalar kelimuan  serta berkemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kedapa Allah SWT guna mencerdaskan bangsa bagi pencapaian tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.  Sehubungan dengan itu maka landasan filosofis yang mejadi pedoman Prodi Ilmu Komunikasi adalah:

  1. Tujuan Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
  3. Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 02/PED/I.O/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah
  4. Statuta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2013
  5. RIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2011
  6. Renstra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2015

Landasan Yuridis

Landasan yuridis yang mendasari  pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA sebagai salah satu satuan penyelengaraan pendidikan tinggi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo   adalah meliputi:

  1. Peraturan Presiden RI No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia
  2. Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014  tentang Standard nasional Pendidikan Tinggi
  3. Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikasi Profesi pendidikan Tinggi.

Landasan Sosiologis

Secara sosiologis program studi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA merupakan bagian dari stake holder pendidikan tinggi di bidangnya  yang tidak lepas dari pengaruh komponen stake holder lainnya meliputi:

  1. Sivitas akademika Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA termasuk jajaran manajemen UMSIDA di atas hingga Rektorat yang memiliki peran dalam menentukan arah dan pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA
  2. Organisasi keprofesian Ilmu Komunikasi baik regional, nasional, bahkan internasional;
  3. Alumni Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA yang memiliki pengalaman di dunia kerja dan di masyarakat dalam megimplementasikan kemampuan profesi/praktisi publik relation dan manajement media.
  4. Pengguna lulusan terutama di kalangan industri dan lembaga-lembaga media yang terkait dengan bidang ilmu komunikasi.
  5. Masyarakat secara umum yang memiliki kepentingan dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA
  6. Persyarikatan Muhammadiyah yang menaungi UMSIDA di mana Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional

Sasaran Mutu Kurikulum Prodi

  1. Sasaran Mutu Kurikulum Prodi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSIDA diimplementasikan dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang memprioritaskan capaian pembelajaran, melalui sistem pengajaran yang dinamis dan  komunikatif.  Kurikulum ini diarahkan pada konsentrasi Public Relations dan Manajemen Media. Dalam praktiknya, kegiatan pembelajaran ditunjang dengan adanya pusat laboraturium multi media, audio visual (TV), radio, jurnalistik, fotografi,  desain grafis , publik relations dan lobbying.
  2. Dengan sasaran kurikulum yang telah ditetapkan diharapkan mahasiswa dapat dibekali dengan teori dan praktek untuk menyaapkan profesi yang mumpuni di bidang Publik Relation dan manajemen media. mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi dapat membekali dirinya dengan kemampuan dibidang jurnalis, public relations, humas pemerintah, fotografer, kameramen, presenter, anchor/penyiar, reporter, marketing communication, CPR, MC, editor, scripwriter, copywriter, kolumnis, konsultan komunikasi dan periklanan, pengelola media internal perusahaan, peneliti, programmer, dubber, desain grafis, produser, penulis dan entrepreneur (wirausaha).
  3. Kurikulum yang dapat mewujudkan aktivitas pengajaran, pelatihan, penelitian, dan pengabdian bidang ilmu komunikasi melalui pembelajaran berbasis kompetensi dan kewirausahaan
  4. Mewujudkan kearifan lokal dan semangat kritis progresif humanisme, konstruktif , adaptif dan responsif dalam interaksi komunikatif antara sivitas akademika dan masyarakat.
  5. Mencapai visi, misi prodi yang telah ditetapkan searah dengan visi misi Fisip dan Umsida.

Capaian Pembelajaran

I. Konsentrasi/Peminatan Manajemen Komunikasi

  1. Mampu merencanakan dan melaksanakan fungsi  manajement media cetak maupun elektronik.
  2. Mampu memproduksi karya jurnalistik (program ) media elektronik dan cetak.
  3. Mampu meggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4.  Kemampuan bergaul berdasarkan prinsip hukum, nilai, etika, moral, dan ketuhanan.

II. Konsentrasi/Peminatan Public Relations

  1. Mampu menjalankan tugas-tugas sebagai konsultan dan praktisi Corporate Public Relations (CPR)
  2. Mampu menjalankan tugas-tugas sebagai konsultan dan praktisi Marketing Publik Relations (MPR)
  3. Mampu menjalankan tugas-tugas dan mengelolah media relations, cyber Media dan PR on net
  4. Mampu membuat program-program Corporate Social Responsibility (CSR)
  5. Kemampuan bergaul berdasarkan prinsip hukum, nilai, etika, moral, dan ketuhanan