Identitas Program Studi

Program Studi (PS)                    : Ilmu Administrasi Negara

Jurusan/Departemen                  : Ilmu Administrasi Negara

Fakultas                                  :  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Perguruan Tinggi                       :  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Peringkat (Nilai) Akreditasi

Terakhir                                   :  B (3,54)

Nomor SK BAN-PT                      :  773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015  

Alamat PS                                :  Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo

No. Telepon PS                         :  031-8945444 (20)

No. Faksimili PS                         :  031-8949333

 

Visi Progam Studi Ilmu Administrasi Negara

Menjadi progam studi Ilmu Administrasi Negara yang berkualitas nasional pada tahun 2020

Misi Progam Studi Ilmu Administrasi Negara

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Ilmu Administrasi Negara/Publik yang berkualitas melalui program pembelajaran secara reguler.      
  2. Meningkatkan sumber daya manusia yang profesional, berintelektual, dan bermoral dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya administrasi pemerintahan/publik, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat dengan berdasarkan pada Pancasila dan nila-nilai Islam
  3. Meningkatkan kualitas wawasan kebangsaan yang berorientasi pada dinamika pemerintahan/publik, semangat otonomi daerah dan teknologi informasi kearah Good-Governance

Tujuan Progam Studi Ilmu Administrasi Negara

  1. Menghasilkan sarjana yang profesional dengan kualitas standar dengan berwawaskan intelektual, keislaman dan keimanan.
  2. Melahirkan sarjana yang berkompeten dalam mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan administrasi pemerintahan/publik, khususnya yang relevan dengan kepentingan pembangunan dan aplikasinya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga keilmuan maupun lembaga pemerintahan daerah

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran yang ingin dicapai oleh PSAN Umsida adalah:

  1. Lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional, yaitu:Meningkatkan sarana dan prasarana praktikum sesuai dengan kebutuhan mata kuliah praktikum setiap tahun
    • Mempunyai rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif lulusan dari      meningkat 0,01 setiap tahunnya
    • Lama masa studi yang mampu dicapai mahaisswa maksimal 4 tahun
    • Kemampuan Bahasa Inggris lulusan yang dapat dilihat dari nilai TOEFL, rata-rata menjadi 450 pada tahun 2020
    • Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi, sebesar 90% pada tahun 2020
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana praktikum sesuai dengan kebutuhan mata kuliah praktikum setiap tahun
  3. Meningkatnya jumlah penelitian yang bersifat pengembangan ilmu yang melibatkan dosen dan mahasiswa secara lebih luas, sebesar 2 penelitian per tahun
  4. Penerbitan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil-hasil artikel ilmiah dosen dan mahasiswa, secara rutin dan berkelanjutan, baik on-line maupun cetak, setiap satu semester.
  5. Meningkatnya jumlah kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta sebanyak 1 bentuk kerjasama setiap tahunnya.
  6. Meningkatnya jumlah kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler mahasiswa yang berdampak pada penghargaan kepada mahasiswa setiap tahunnya.

Strategi Pencapaian Program Studi Ilmu Administrasi Negara Tahun 2010-2014:

1. Rencana Pengembangan Akademik:

  • Melakukan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum setiap 2 tahun sekali, sesuai dengan perkembangan iptek, tuntutan pasar kerja dan pengguna lulusan, dengan melibatkan stakeholders.
  • Meningkatkan suasana akademik dengan mengaktifkan kegiatan seminar dan kuliah umum setiap semester, diskusi ilmiah dosen setiap 6 bulan sekali.
  • Mengikutsertakan dosen dalam workshop penyusunan silabi dan RKPS yang diadakan oleh Umsida atau PT lain.
  • Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar lokal/regional/nasional/internasional sebagai pemateri/narasumber setiap semester
  • Mewajibkan semua mahasiswa untuk berperan aktif sebagai pemateri dan peserta dalam seminar/workshop, baik yang diselenggarakan FISIP/Umsida/PT lain, minimal 12  kali selama studi S1.

2. Rencana Pengembangan Penelitian

  • Peningkatan kualitas  dan kuantitas penelitian yang melibatkan dosen dan mahasiswa melalui penyusunan roadmap penelitian, keikutsertaan dalam kegiatan penelitian  tingkat lokal (dana internal Umsida), dan hibah penelitian di tingkat  regional, nasional dan internasional.
  • Penerbitan jurnal ilmiah PSAN sebagai upaya publikasi hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa, secara rutin dan berkelanjutan.
  • Mewajibkan setiap dosen untuk menulis artikel hasil penelitian ataupun pemikiran dalam jurnal internal/lainnya per-semester
  • Mewajibkan dosen untuk mempublikasikan  karya ilmiah di jurnal terakreditasi, baik nasional maupun internasional.
  • Mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Wirausaha.

3.  Rencana Pengembangan Pengabdian Masyarakat:

  • Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di bidang   media dan kehumasan
  • Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen bersama mahasiswa yang berkaitan dengan mata kuliah, baik melalui dana internal maupun  eksternal.

4.  Rencana Pengembangan  Sumber Daya Manusia

  • Meningkatkan kualitas dosen melalui program pelatihan pengajaran  (AA, Pekerti)
  • Meningkatkan jumlah dosen yang akan  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S3)
  • Meningkatkan jumlah dosen yang mempunyai kepangkatan minimal Asisten Ahli.
  • Meningkatkan partisipasi dosen dalam seminar sebagai narasumber.

5. Peningkatan Sarana dan Prasarana

  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas peralatan dan fungsi laboratorium ilmu Administrasi Negara
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas ruang kerja dosen

                    Nama Dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 1

Dr.Dra. Luluk Fauziah, M.Si

0714056701

14/5/1967

Lektor

Dr, Dra, M.Si

S-1 IAIN Sunan Ampel Surabaya

S-2 UMM

S-3 Unibraw Malang

Aqidah Filsafat

 

Sosiologi

Administrasi Publik

 2

Dra. Isnaini Rodiyah, M.Si

0712126604

12/12/1966

Asisten Ahli

Dra

M.Si

S-1 UNAIR Surabaya

S-2 UNAIR

S-3 UNIBRAW

(Proses)

Ilmu Adm. Negara

PSDM

Administrasi Publik

 3

Zeini Mahbub, MA., Ph D

0701076004

1/7/1960

Tenaga Pengajar

MA, Ph.D

S-1 IAIN Sunan Ampel Surabaya

S-2 UT Malaysia

S-3 UT Malaysia

Aqidah Filsafat

 

Political Science

Political Science

 4

Isna Fitria Agustina, S.Sos., M.Si

0728087803

28/8/1978

Asisten Ahli

S.Sos

M.Si

S-1 UNITOMO Surabaya

S-2 UNAIR Surabaya

Administrasi Niaga

PSDM

 5

A Riyad Umar B, SH., M.Si

072406604

22/2/1970

Asisten Ahli

SH

M.Si

S-1 UNIBRAW

Malang

S-2 UMM

Ilmu Hukum

 

Ilmu Sosiologi

 6

Ilmi Usrotin Choiriyah, S.AP., M.AP., M.Pol.Sc

0712089001

12/8/1990

Tenaga Pengajar

S.AP

M.AP

M.Pol Sc

S-1 UNIBRAW

S-2 UNIBRAW

S-2 BURAPHA UNIVERSITI THAILAD

Adm. Publik

Adm. Publik

Political Science And Law (Kebi jakan Publik)

 

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional