Mahasiswa program studi ilmu administrasi Negara semester V-kelas pagi baru saja melakukan kegiatan road show go to school. Praktek ke lapangan ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa semester V sebagai praktikum pada matakuliah magang/PKL yang diampu oleh Ibu Ainur Rochmaniah, M.Si. Berbagai kegiatan road show di beberapa sekolah telah disusun dan dirancang oleh masing-masing kelompok yang telah ditentukan.

    Kegiatan road show yang pertama dilakukan pada tanggal ada tanggal 6 Desember 2015 di SMA PGRI 1 sidoarjo. Beberapa kelompok yang bertugas pada kegiatan ini bergegas pada lokasi kegiatan sekitar pukul 07.30. Kami datang tepat waktu agar tidak mengecewakan pihak sekolah yang sudah meberikan izin untuk melakukan promosi profil fakultas ilmu sosial dan ilmu politik khususnya pada Program studi Ilmu Administrasi Negara. Salah satu pihak sekolah sudah menyiapkan ruang kelas dan mengkumpulkan siswa-siswi yang telah menyedikan waktunya untuk mendengarkan materi promosi yang telah disiapkan oleh tim panitia. Pemateri promosi jurusan disampaikan perwakilan dari fakultas yaitu Bapak Moh. Hatta.

    Selanjutnya, kegiatan road show yang kedua dilakukan pada tanggal 15 Desember 2015 yang dimulai pada pukul 08.00 pagi di SMA PGRI 5. Salah satu pemateri kegiatan road show ini disampaikan oleh salah satu perwakilan dosen ilmu administrasi Negara yaitu Bapak Hendra Sukmana S.AP, M.AP. Beliau menyampaikan beberapa materi terkait dengan profil, produk, serta memotivasi para peserta untuk mengetahui lebih lanjut jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi di lingkup universitas.

    Kegiatan road show yang ketiga dilakukan pada tanggal 16 Desember 2015 dimulai pukul 07.00 di SMK Antartika 1 Sidoarjo. Pihak sekolah telah memfasilitasi bagi siswa-siswi yang ikut serta menjadi peserta road show serta sarana prasarana yang dibutuhkan pada kegiatan presentasi di ruangan yang telah disediakan. Pemateri dalam kegiatan tersebut diwakili oleh dosen FISIP yaitu Bapak Hendra Sukmana M.AP dan Ibu Ilmi Usrotin Choiriyah M.AP.

    Kegiatan road show yang keempat dilakukan pada tanggal 17 desember 2015 di SMA Dharma Wanita yang bertempat di Jl. Raya Gedangan No. 10, Gedangan, sidoarjo dan SMAN 4 Sidoarjo. Panitia dibagi pada dua kelompok yang bertugas pada masing-masing sekolah untuk menyampaikan materi promosi jurusan administrasi publik. Kegiatan yang dilakukan di SMAN 4 Sidoarjo baru dimulai pada pukul 09.00. Hal tersebut dikarenakan terdapat kendala listrik yang padam sehingga pelaksanaan kegiatan sedikit tertunda. Untuk materi pertama, materi yang menjelaskan tentang Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang ada di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo disampaikan oleh ketua panitia Road Show. Kemudian dilanjutkan dengan materi tambahan berupa motivasi yang disampaikan oleh salah satu dosen dari program studi ilmu administrasi negara yakni  ibu Ilmi Usrotin Choiriyah M.AP. Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi terkait beasiswa mahasiswa yang disampaikan oleh Renna Ristiyanti.

    Pada masing-masing kegiatan diatas, peserta road show daru masing-masing sekolah antusias dan memberikan kontribusi yang positif terhadap materi yang telah disampaikan oleh masing-masing panitia. Dalam kegiatan tersebut kami dapat berdiskusi dan saling Tanya jawab terkait dengan prodi ilmu administrasi negara dan juga hal lainnya pada jenjang pendidikan di universitas. Pada masing-masing kegiatan penutup, mahasiswa mendapatkan cidera mata sebagai kenang-kenangan yang diberikan pada ketiga peserta terbaik dalam sesi diskusi dan tanya jawab di masing-masing sekolah. Beberepa kontribusi yang dapat diambil dari kegiatan antara lain melatih kemandirian mahasiswa sebagai panitia pelaksana kegiatan khsusunya dalam bidang promosi di sekolah-sekolah, melatih keberanian masyarakat untuk tampil di depan umum dalam menyampaikan materi, menjaga solidaritas kelompok untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan event, dll. [Agnes, dkk/IAN-V]