Mahasiswa program studi ilmu komunikasi semester V kelas malam pada tanggal 10 November 2015 telah melakukan kunjungan studi MC dan Protokoler di Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur. Kunjungan tersebut merupakan salah satu praktek lapangan mahasiswa prodi ilmu komuniakasi khususnya pada matakuliah MC dan Protokoler yang diampu oleh Ibu Ainur Rochmaniah. Pada kesempatan kunjungan tersebut mahasiswa didampingi oleh dua dosen yaitu Ibu Aniur Rochmaniah dan Ibu Ilmi Usrotin Choiriyah. Sarana transportasi yang digunakan dalam kunjungan tersebut menggunakan bus kampus sebagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak universitas.

      Rombongan mahasiswa tiba di Kantor DPRD Kabupaten Sidoarjo pada pukul 09.00 WIB. Kami disambut hangat oleh pegawai yang bertugas. Namun, Kami masih belum dapat bertemu langsung dengan pegawai yang bertugas pada bagian MC dan Protokoler. Hal tersebut karena pada kunjungan tersebut bertepatan pada 10 November yang memperingati hari pahlawan dan melakukan upacara di Tugu Pahlawan yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo beserta jajarannya. Pada pukul 11.00 WIB Kami dapat bertemu dengan Bapak Anung selaku Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah yang akan memandu Kami dalam kegiatan kunjungan pada Bagian MC dan Protokoler.

       Kami dipandu oleh Bapak Anung menuju salah satu ruang rapat di Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur. Dalam ruangan tersebut, Kami melakukan diskusi dan sharing sebentar sebelum mengikuti proses praktek MC dan Protokoler pada rapat paripurna anggota DPRD. Diskusi tersebut juga dihadiri oleh salah satu perwakilan dari sub bagian rumah tangga dan protokoler sebagai narasumber yang berlangsung kurang lebih 1 jam. Acara pada diskusi tersebut dimulai dengan sambutan Bapak Anung, kemudian sambutan dari Ibu Ainur, dan penjelasan terkait praktek protokoler oleh Bapak Joko. Dan pada acara selanjutnya, mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan dari masing-masing perwakilan kelompok. Ketika waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB, rombongan kami diarahkan untuk mengikuti persidangan paripurna di lantai 2 dan acara diskusi tersebut segera diakhiri.

       Pada sidang paripurna tersebut, mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru terkait dengan praktek MC dan Protokoler khususnya pada instansi pemerintahan di Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur. Pada sidang paripurna tersebut membahas tentang Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2016. Pada kesempatan tersebut mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan mencermati proses protokoler dari awal hingga akhir pada saat rapat paripurna berlangsung. Hal tersebut dapat diamati mulai dari beberapa kegiatan yang disampaikan oleh MC, pengaturan tempat duduk untuk para undangan dan masing-masing fraksi partai politik, serta pengawalan untuk tamu penting seperti Bapak Soekarwo selaku Wakil Gubernur Jatim. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB dimana kegiatan sidang paripurna tersebut telah selesai pada sesi 1. Rombongan kami memutuskan untuk kembali ke kampus karena mahasiswa juga masih harus mengikuti kegiatan UTS pada malam harinya. Sebelum kembali rombongan kami berkesempatan foto bersama dengan Bapak Soekarwo. Pada kunjungan kali ini memberikan kontribusi positif terhadap proses belajar mengajar khususnya pada praktek MC dan Protokoler. Hal inilah yang bermanfaat sebagai bekal bagi mahasiswa yang berminat dan ingin semakin mengasah bakat mereka khususnya pada bidang MC di masa yang akan datang.[Kalab/ilmi]