Pada tanggal 5 November 2015 mahasiswa prodi ilmu komunikasi khusunya kelas pagi semester V telah melakukan kunjungan studi ke Kantor Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan studi tersebut tepatnya dilakukan pada Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa ilmu komunikasi didampingi oleh dosen matakuliah MC dan Protokoler yaitu Ibu Ainur Rochmaniah. Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk praktek mahasiswa ke lapangan untuk mengetahui dan memahami lebih detail secara langsung terkait bagaimanakah penerapan MC dan Protokoler khususnya pada instansi pemerintahan.

        Pada kegiatan belajar mengajar di kampus mahasiswa telah banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan terkait teori MC dan Protokoler dan pada praktek di lapangan mereka dapat mengamati dan mengetahui melalui kunjungan studi ini. Mahasiswa disambut dengan hangat oleh aparatur yang bertugas pada Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo. Para aparatur memberikan penjelasan terkait dengan praktek protokoler yang telah diterapkan khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Kepala Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo menjelaskan beberapa praktek protokoler diantaranya pada saat rapat paripurna DPRD; rapat dengan Bupati dan jajarannya; pengaturan dan jamuan ketika ada tamu penting; dll. Beberapa kegiatan rutin tersebut yang telah menjadi kewenangan dari Bagian Humas dan Protokoler. Sehingga ketertiban, kenyamanan, dan kelancaran berlangsungnya pada acara-acara tertentu khususnya berhubungan langsung dengan urusan Bupati telah menjadi tanggung jawab penuh dari Bagian Humas dan Protokoler. Koordinasi dan kerjasama yang baik merupakan salah satu poin terpenting dalam keberhasilan dan kesuksesan pengaturan sebuah acara-acara formal yang terkait.

         Kegiatan mahasiswa selanjutnya adalah mahasiswa berdiskusi dengan narasumber terkait dengan praktek MC dan Protokoler. Berbagai pertanyaan terkait dengan praktek MC dan Protokoler di lapangan diajukan oleh masing-masing perwakilan kelompok mahasiswa. Mereka sangat antusias untuk mengetahui berbagai hal yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan produk majalah yang telah diterbitkan oleh bagian humas dan protokoler yaitu Selayang Pandang Kabupaten Sidoarjo 2015 dan Gema Delta (Media Informasi Pemberdayaan Masyarakat Sidoarjo). Beberapa keluaran dari kunjungan studi ini diharapkan mahasiswa mendapatkan berbagai pengetahuan dan wawasan yang baru terkait dengan tupoksi dari Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh aparatur daerah terkait.[Kalab/ilmi]