Mahasiswa program studi ilmu komunikasi baru saja melakukan kunjungan ke kantor DPRD Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan tersebut diadakan degan tujuan sebagai salah satu studi lapangan khususnya pada praktek protokoler dan MC. Mahasiswa prodi ilmu komunikasi yang ikut serta dalam kunjungan tersebut adalah mahasiswa semester V yang didampingi oleh Ibu Ainur Rochmaniah selaku dosen pengampu mata kuliah protokolerdan MC. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 20 November 2015 sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

         Pada kesempatan kunjungan tersebut kami mendapatkan sambutan hangat dari beberapa aparatur yang bertugas pada bidang protokoler dan MC di kantor DPRD Kabupaten Sidoarjo. Kami berkesempatan khusus untuk mengikuti kegiatan protokoler yang berlangsung pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Sidoarjo yang bertema “jawaban bupati atas pertanyaan untuk kemajuan kabupaten sidoarjo dari masing-masing fraksi partai politik.” Pada sidang paripurna tersebut dihadiri oleh penanggung jawab Bupati Kabupaten Sidoarjo, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, dan 30 anggota dari masing-masing fraksi partai politik.

          Dalam kegiatan tersebut, kami mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya tidak kami dapatkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Kami dapat mengikuti dan memahami praktek protokoler dan MC dalam sidang paripurna yang sedang berlangsung. Selain itu, kami juga dapat mengetahui dan memahami struktur kerja protokoler yang berlangsung pada kedinasan. Kegiatan ini berkontribusi positif pada kegiatan belajar mengajar kami agar kami juga mendapatkan pengetahuan dan wawasan terkait dengan protokoler dan MC dalam kajian teoretik di kelas sertanya praktek protokoler dan MC di lapangan. Hal tersebut bisa kami jadikan sebagai motivasi dan bekal kami di masa yang akan datang khususnya bagi kami yang berminat pada bidang protokel dan MC.[Kalab/ilmi]