Identitas Program Studi

Program Studi (PS)                    : Administrasi Publik

Jurusan/Departemen             : Administrasi Publik

Fakultas                                      : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Peringkat (Nilai) Akreditasi

Terakhir                                      : B (3,54)

Nomor SK BAN-PT                   : 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015

Alamat PS                                   : Jl. Mojopahit 666B Sidoarjo

No. Telepon PS                          : 031-8945444 (20)

No. Faksimili PS                        : 031-8949333

 

Visi Progam Studi Administrasi Publik:

  • Menjadi Program Studi Yang Unggul Dan Inovatif Dalam Kajian Administrasi Publik Berdasarkan Pancasila Dan Nilai-Nilai Islam Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Misi Progam Studi Administrasi Publik:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Yang Berkualitas Dan Profesional Bidang Kajian Administrasi Publik Berdasarkan Pancasila Dan Nilai-Nilai Islam.
  2. Meningkatkan Penelitian Bidang Kajian Administrasi Publik Yang Berkualitas Dan Profesional Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Dan Kesejahteraan Masyarakat.
  3. Meningkatkan Pengabdian Masyarakat Bidang Administrasi Publik Untuk Kesejahteraan Masyarakat.
  4. Meningkatkan Kerjasama Di Bidang Administrasi Publik Dengan Lembaga Di Dalam Dan Luar Negeri.
  5. Meningkatkan Tata Kelola Program Studi Adminidtrasi Publik Secara Profesional Berdasarkan Pancasila Dan Nilai-Nilai Islami.
  6. Menigkatkan Pembinaan Dan Pengembangan Kemahasiswaan Dalam Kajian Administrasi Publik Berdasarkan Pancasila Dan Nilai-Nilai Islam.

Tujuan Progam Studi Administrasi Publik:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam penguasaan ilmu Administrasi Publik berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan penelitian Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Mewujudkan pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Mewujudkan kerjasama dengan lembaga di dalam dan luar negeri untuk penguatan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  5. Mewujudkan kemandirian Umsida dengan tatakelola prog-ram studi Administrasi Publik yang profesional berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam.
  6. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa program studi Administrasi Publik FISIP UMSIDA.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya:

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Administrasi Publik adalah:

  1. Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam penguasaan dan pengembangan Administrasi Publik berdasarkan Pacasila dan nilai-nilai Islam.
  2. Meningkatnya kapasitas dan kinerja penelitian dosen dan mahasiswa yang mendukung proses pembelajaran
    dan pengembangan Administrasi Publik.
  3. Meningkatnya pemanfaatan hasil penelitian bidang Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatnya kapasitas dan kinerja pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Meningkatnya dan meluasnya kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri dalam bidang kajian Administrasi Publik.
  6. Menguatnya tata kelola dan kelembagaan prodi Administrasi Publik secara profesional berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam.
  7. Meningkatnya etos kerja dan perilaku organisasi prodi Administrasi Publik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  8. Meningkatnya kemampuan mahasiswa ilmu Administrasi Publik dalam pencapaian prestasi dalam bidang kajian Administrasi Publik.

Strategi Pencapaian Program Studi Administrasi Publik:

  1. Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam penguasaan dan pengembangan Administrasi Publik berdasarkan Pacasila dan nilai-nilai Islam.
    • Penguatan kurikulum dan pembelajaran bidang Administrasi Publik;
    • Penguatan kompetensi SDM Dosen dan Tenaga kependidikan Program Studi Administrasi Publik;
    • Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana Program Studi Administrasi Publik
  2. Meningkatnya kapasitas dan kinerja penelitian dosen dan mahasiswa yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan Administrasi Publik.
    • Penguatan kemampuan penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan fungsi monitoring dan evaluasi penelitian bidang Administrasi Publik;
    • Optimalisasi fungsi laboratorium dalam penelitian bidang Administrasi Publik;
    • Peningkatan kerjasama dengan lembaga penelitian dan donor di bidang Administrasi Publik;
    • Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah bereputasi bidang Administrasi Publik
  3. Meningkatnya pemanfaatan hasil penelitian bidang kajian Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat
    • Peningkatan perolehan HKI dari hasil penelitian bidang Administrasi Publik;
    • Hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian bidang Administrasi Publik
  4. Meningkatnya kapasitas dan kinerja dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik untuk kesejahteraan masyarakat
    • Penguatan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik;
    • Penguatan fungsi monitoring dan evaluasi pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik;
    • Optimalisasi fungsi laboratorium dalam pengabdian kepada masyara-kat bidang Administrasi Publik;
    • Peningkatan kerjasama dengan lembaga donor dalam pengabdian kepada masyarakat bidang Administrasi Publik;
    • Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah bereputasi bidang Administrasi Publik.
  5. Meningkatnya dan meluasnya kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri dalam bidang kajian Administrasi Publik
    • Peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama di bidang Administrasi Publik institusi di dalam dan luar negeri;
    • Optimalisasi pelaksanaan kerjasama institusi di bidang Administrasi Publik yang sudah terbangun.
  6. Menguatnya tata kelola dan kelembagaan prodi Adminis-trasi Publik secara profesional berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Islam
    • Penguatan Kebijakan pengelolaan lembaga Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan struktur kelembagaan Program Studi Administrasi Publik;
    • Peningkatan manajemen SDM Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan manajemen keuangan Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan sistem pendokumentasian Program Studi Administrasi Publik;
    • Pengembangan dan penguatan sistem Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan SPMI Program Studi;
    • Penguatan manajemen aset Program Studi Administrasi Publik;
    • Penguatan sistem monitoring dan evaluasi Program Studi Administrasi Publik.
  7. Meningkatnya etos kerja dan perilaku organisasi prodi Administrasi Publik yang sesuai dengan Pancasila, nilai-nilai Islam, dan Kemuhammadiyahan.
    • Penguatan budaya organisasi Program Studi Administrasi Publik sesuai Pancasila, nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan;
    • Peningkatan kinerja organisasi Program Studi Administrasi Publik sesuai Pancasila, nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
  8. Meningkatnya kemampuan mahasiswa ilmu Administrasi Publik dalam pencapaian prestasi dalam bidang kajian Administrasi Publik
    • Peningkatan sistem penerimaan mahasiswa baru Program Studi Administrasi Publik;
    • Kapasitas critical thinking, interpersonal dan intrapersonal mahasiswa Program Studi Administrasi Publik;
    • Pembinaan prestasi mahasiswa bidang Administrasi Publik secara akademik dan non akademik;
    • Penguatan budaya kompetitif mahasiswa prodi ilmu Administrasi Negara.

Nama Dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tanggal Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

 1. Dr. Dra. Luluk Fauziah, M.Si 0714056701 14/5/1967

Lektor

Dra.

M.Si

Dr.

S-1 IAIN Sunan Ampel Surabaya

S-2 Universitas Muhammadiyah Malang

S-3 Universitas Brawijaya Malang

Aqidah Filsafat

Sosiologi

Administrasi Publik

 2. Dr. Dra. Isnaini Rodiyah, M.Si

0712126604

12 Desember 1966

Asisten Ahli

Dra.

M.Si

Dr.

S-1 Universitas Airlangga Surabaya

S-2 Universitas Airlangga Surabaya

S-3 Universitas Brawijaya Malang

Ilmu Administrasi Negara

PSDM

 

Administrasi Publik

 3. Dr. Sanadjihitu Sangadji, M.T.

8841660018

19 September 1972

Tenaga Pengajar

S.Sos.

M.T.

Dr.

 D-3 STPDN Jatinangor

S-1 STIA-LAN Jakarta

S-2 ITS Surabaya

S-3 Universitas Brawijaya Malang

Ilmu Pemerintahan

Manajemen Pemb. Daerah

Manajemen Pemb. Kota

Ilmu Administrasi

 4. Isna Fitria Agustina, S.Sos., M.Si

0728087803

28/8/1978

Asisten Ahli

S.Sos

M.Si

S-1 Universitas Dr. Soetomo Surabaya

S-2 Universitas Airlangga Surabaya

Administrasi Niaga

 

PSDM

 5. A Riyad Umar B, SH., M.Si., Ph.D

072406604

22/2/1970

Asisten Ahli

SH

M.Si

Ph.D

S-1 Universitas Brawijaya Malang

S-2 Universitas Muhammadiyah Malang

S-3 Universiti Utara Malaysia

Ilmu Hukum

Ilmu Sosiologi

Ilmu Hukum Media

 6. Ilmi Usrotin Choiriyah, S.AP., M.AP., M.Pol.Sc.

0712089001

12/8/1990

Asisten Ahli

S.AP

M.AP

M.Pol Sc

S-1 Universitas Brawijaya Malang

S-2 Universitas Brawijaya Malang

S-2 Burapha Universiti Thailand

Adm. Publik

Adm. Publik

Political Science And Law (Kebijakan Publik)

7. Lailul Mursyidah, S.AP., M.AP. 0725069001 25/6/1990

Tenaga Pengajar

S.AP

M.AP

S-1 Universitas Brawijaya Malang

S-2 Universitas Brawijaya Malang

Adm. Publik

Adm. Publik

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional