UMSIDA menyediakan  fasilitas laboratorium radio sebagai sarana pembelajaran praktik mahasiswa.Laboratorium radio menjadi sarana pelengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di UMSIDA, dilengkapi dengan peralatan berstandard kualitas stasiun radio komersial.Di sini mahasiswa dapat mengeksplorasi kreativitasnya dengan berpraktik siaran langsung (on air) dan dan memproduksi content audio (recording).

Laboratorium ini merupakan tempat  mahasiswa untuk mengenal dan belajar proses produksi radio. Setiap mahasiswa yang tertarik dalam dunia penyiaran radio dapat menjadi presenter dari radio kampus dan turut dalam proses perencanaan segment-segment yang direncanakan setiap bulannya. Laboratorium ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan pengumuman akademik dan non akademik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Laboratorium Radio diproyeksikan untuk pengembangan bakat dan minat mahasiswa di bidang penyiaran radio. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuannya dalam hal: manajemen siaran radio, teknis operasional siaran, ahli dalam merencanakan dan memproduksi program siaran radio, dan yang lebih spesifik lagi mahasiswa dapat melatih diri bagaimana menjadi penyiar radio yang profesional.