APIK (Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi) PTM kali ini melakukan Benchmarking Media dan Seminar APIK-PTM yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.HAMKA Jakarta. Senin 19/12/16 anggota APIK melakukan kunjungan di beberapa instansi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan MNC Group. Dalam kunjungan di Universitas Multimedia Nusantara khususnya dari Fakultas Ilmu Komunikasi menyambut baik kedatangan anggota APIK-PTM. Di sebuah ruangan pertemuan kami (anggota APIK-PTM) beserta pihak Fakultas Ilmu Komunikasi UMN saling sharing tentang kekurangan dan kelebihan program studi ataupun fakultasnya masing-masing.

    Setelah kita (anggota APIK dan pihak UMN) melakukan sharing bersama, pihak UMN mengajak anggota APIK untuk berkeliling meninjau satu persatu ruangan laboratorium Fakultas Ilmu Komunikasi UMN sembari memaparkan tentang tata kelola laboratoium didalamnya, diantaranya; laboratoium radio, fotografi, Lab Live TV, ruang master control, lab randering, lab kolaborasi, news room, ruang green screen, ruang peralatan.

    Benchmarking Media selanjutnya adalah MNC Group, jika kunjungan di UMN sebelumnya cenderung belajar tentang tata kelola laboratorium, di MNC Group khususnya iNews kami hanya melakukan peninjauan ruangan produksi siaran (berita) dan Pihak iNews memeberikan sedikit paparan tentang bagaimana produksi sebuah berita. Salah satu tujuan benchmarking ini adalah tidak lain untuk memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing apa yang kita miliki, bertukar pikiran baik dari masing-masing universitas ataupun pihak instansi terkait, serta saling belajar dari kekurangan dan kelebihan yang ada.

    Di hari kedua, Selasa 21/12/16 UHAMKA menggelar Seminar Nasional bertema “Meningkatkan Peran Televisi Sebagai Media Yang Mencerdaskan Bangsa” tepatnya di Aula Kampus Prof.Dr. HAMKA. Kegiatan seminar ini berkaitan dengan benchmarking di hari sebelumnya, dimana UHAMKA dan Panitia APIK-PTM bekerjasama juga dengan MNC Group serta mengundang KPI untuk mengisi acara tersebut. [Laboran/Denn]


share ke: