Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo baru saja menyelenggarakan kegiatan pra lokakarya kurikulum yang masuk dalam agenda tahunan. Kegiatan tersebut diselenggarakan tanggal 14 Juli 2017 di Ruang Rapat FISIP. Kegiatan tersebut bertujuan dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas program studi yang berdasar pada Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai standar nasional. Kegiatan pra lokakarya diikuti oleh keluarga besar FISIP UMSIDA khususnya prodi ilmu administrasi publik, narasumber dari Universitas Brawijaya Malang, pengguna, mahasiswa aktif prodi ilmu administrasi publik, dan juga alumni.

    Pada kegiatan pra lokakarya kali ini Bapak Muluk selaku narasumber telah memaparkan seluk beluk penyusunan kurikulum perguruan tinggi administrasi publik. Beliau menjelaskan secara detail terkait dasar hukum, standar penyusunan kurikulum perguruan tinggi, standar kompetensi lulusan S1 administrasi publik, tahapan penyusunan kurikulum perguruan tinggi, perumusan capaian pembelajaran, serta yang lainnya. Berbagai pengetahuan terbaru terkait penyusunan kurikulum tersebut akan menjadi panduan bagi kami selaku civitas akademik prodi ilmu administrasi publik dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

    Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam lingkup civitas prodi ilmu administrasi publik sangat dipengaruhi oleh penyusunan kurikulum yang matang dan mantap. Sehingga, berbagai capaian pembelajaran pada masing-masing matakuliah yang diberikan akan mendukung proses belajar mengajar yang mampu menciptakan lulusan sarjana prodi ilmu administrasi publik yang professional, handal, dan mampu bersaing di lingkungan lokal, daerah, maupun nasional khususnya dalam bidang administrasi publik.

    Selain itu, berbagai masukan dari pengguna, alumni, dan mahasiswa juga memberikan sumbangsih yang besar dalam penyusunan kurikulum prodi. Hal ini dikarenakan mereka sebagai subyek ataupun pelaku dalam prodi ilmu administrasi publik akan memberikan berbagai inovasi, informasi, pengetahuan, mauapun pengalaman dari mereka sebagai bahan rekomendasi dalam peningkatan kualitas kurikulum prodi. Agenda tahunan kegiatan pra lokakarya ini diharapkan akan menjadi salah satu faktor penunjang dalam mewujudkan visi besar yaitu mencapai standar tingkat nasional pada tahun 2020. Selain itu, dalam rangka mewujudkan dan melahirkan profil lulusan administrasi publik yang berkualitas dan dapat bersaing dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional. [Ilmi/Kalab]


share ke: